Cara Menghitung Volume dan Kubikasi Pengiriman Barang

Tutorial Cara Menghitung Volume Dan Kubikasi

Postingan kali ini kami bahas tentang cara menghitung volume dan kubikasi kargo pengiriman barang saat anda akan kirim barang mungkin anda tidak begitu faham apa itu hitungan volume ? apa itu hitungan kubikasi? nah di sini akan coba kami jabarkan agar anda sedikit mengetahui perhitungan pengiriman barang di dunia expedisi. pengiriman barang pada umumnya di timbang dan di hitung kilogram, ini berlaku untuk semua pengiriman baik via darat, laut dan juga udara. akan tetapi jika barang yang anda kirimkan itu besar namun ringan maka akan di kenakan cara penghitungan volume dan cara perhitungannya sebagai berikut:

 

Perhitungan Volume Pengiriman Via Jalur Darat Dan Jalur Via Laut.

Diutamakan ditimbang dahulu barangnya misalkan berat barang 10 kg. dan barang tersebut di ukur berapa panjangnya? lebarnya? dan tingginya? setelah diketahui ukurannya maka kita hitung volumenya dengan rumus :

(P X L X T : 4000 = Hasil)

CONTOH:

50 X 50 X 50 : 4000 = 31,25 ( 31 kg ) maka dengan hitungan ini, otomatis berat aslinya tidak berlaku. Jadi yang berlaku adalah berat volume sebesar 31 kg.

Perhitungan Volume Pengiriman Via Udara

 

Untuk pengiriman barang via udara rumusnya berbeda dengan rumus perhitungan volume darat dan laut, yaitu lebih besar dan akan menghasilkan kilogram yang lebih kecil. dan berikut rumus perhitungannya

P X L X T : 6000 = Hasil

CONTOH: 50 X 50 X 50 : 6000 = 20,8 dibulatkan jadi 21 kg jadi perhitungan volumenya dari barang yang di kirim adalah 21kg.

Cara Hitung Kubik Darat dan Laut

biasanya perhitungan kubikasi di peruntukan bagi pengirim barang dalam jumlah banyak dan ingin mendapatkan harga paling murah dengan menggunakan cargo laut. akan tetapi biasanya kirim barang murah ini punya dua metode, yaitu di hitung per ton atau per kubik. nah kita di sini akan hitung per kubiknya, kalo hitung per ton kan tinggal di timbang.

untuk rumus perhitungan kubik adalah sebagai berikut:

(P X L X T : 1.000.000. = Hasil)

misalkan barang dengan ukuran Panjang = 200 Lebar = 200 Tinggi = 200

Maka 200 x 200 x 200 : 1.000.000 = 8 jadi perhitungannya berapa kubik? dari perhitungan tersebut total kubik sebanyak 8M3 (delapan kubik)

Nah begitulah cara penghitungan volume dan kubikasi untuk pengiriman barang via darat, laut dan juga udara. silahkan anda pilih dan tentukan setelah melakukan perhitungan, yang manakah hendak anda pilih dan lebih masuk budget? setelah anda baca Menghitung Volume dan Kubikasi dan masih ingin bertanya-tanya dengan senang hati kami akan memberikan jawaban yang anda butuhkan. terima kasih.

www.garudatama.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *