Jasa Sewa Truk Jakarta

Jasa Sewa Truk Jakarta – Truk adalah salah satu jenis armada transportasi yang memiliki ukuran sangat beragam dengan tipe karoseri yang berbeda-beda. Penggunaan truk biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman maupun pemindahan barang dengan jumlah yang banyak maupun dengan barang yang berukuran besar.

Perbedaan jenis-jenis truk ini sendiri seringkali membingungkan para pelanggan yang belum mengetahui tentang tipe-tipe atau jenis-jenis truk yang ada di Indonesia, dimana dapat dibedakan dari jumlah roda, jumlah sumbu, kapasitas muatan / kubikasi dan ukuran maksimal. Akan tetapi sebelum membahas tentang tipe-tipe truk yang ada di Indonesia alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu sumbu truk dan apa itu CBM.

Sumbu Truk : Penggunaan sumbu pada truk yang mana fungsi utama yaitu sebagai tempat roda terpasang, pada mobil biasa atau mobil umum hanya memiliki dua sumbu, sedangkan pada truk tidak hanya memiliki 2 sumbu karena semakin banyak sumbu semakin banyak pula roda pada truk.

Kubikasi (CBM) Cubic Meter : Volume ukuran suatu barang atau benda dengan ukuran masing-masing sisi berbeda ataupun sama yakni (Panjang x Lebar x Tinggi) satuan dari kubikasi disebut dengan Cubic Meter (CBM). Kami berikan contoh perhitungan kubikasi (CBM) Container seperti berikut :

Barang seberat 10kg memiliki panjang 2 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 2,5 meter. maka dihitung 200 x 150 x 250 : 1.000.000 (Rumus perhitungan kubikasi) = 7,5 CBM.

  • Colt Diesel Engkel (CDE)

Colt diesel engkel merupakan jenis truk berukuran kecil bukan jenis pickup karena pickup bukan termasuk kedalam jenis mobil truk. CDE memiliki 4 roda yakni 2 roda depan dan 2 roda dibelakang. CDE memiliki kapasitas maksimum muatan seberat 5 Ton.

Truk jenis ini banyak digunakan untuk kegiatan pengiriman barang dalam kota karena ukurannya yang kecil bisa masuk kedalam gang-gang kecil.

  • Colt Diesel Double (CDD)

Kedua yaitu CDD atau colt diesel double yang umum disebutkan dalam dunia ekspedisi karena memiliki roda belakang double dimana truk ini memiliki 6 buah roda dimana 2 roda didepan dan 4 roda dibelakang.

Tentunya dengan jumlah roda yang lebih banyak dari CDE, CDD memiliki maksimum muatan yakni hingga 8 Ton dan dimana ukuran truk itu sendiri lebih besar dari CDE Engkel.

  • Fuso

Dari jumlah roda Fuso tidak berbeda dengan CDD Double, hal yang membuat berbeda yaitu ukuran mobil yang lebih besar dan ukuran ban yang lebih besar. Dari segi muatan maksimum Fuso mampu membawa barang seberat 12 Ton.

  • Tronton

Tronton memiliki roda sebanyak 10 buah dimana 2 roda di depan dan 8 roda dibelakang dengan 2 sumbu axel dimana setiap sumbu memikul 4 buah roda, sebenarnya tronton ini masih terbagi-bagi lagi jenisnya dan itu bergantung pada penempatan roda pada setiap sumbunya. Jenis truk tronton ini memiliki daya angkut muatan kurang lebih sebesar 20 hingga 30 Ton.

  • Trailer

Jenis truk ini merupakan truk dengan ukuran paling besar di antara semuanya dalam dunia ekspedisi dengan jumlah roda yang sangat banyak yakni antara 16 hingga 24 roda. Jenis truk ini biasanya digunakan untuk mengangkut peti kemas, tiang-tiang besi panjang dan barang lainnya yang berukuran besar.

Jasa Sewa Truk Jakarta – Berikut contoh gambar truk yang kami jelaskan di atas.

sewa truk jakarta

Truk CDE Engkel

sewa truk tangerang

Truk CDD Double

sewa truk bekasi

Truk Fuso

sewa truk cikarang

Truk Tronton

sewa truk cikarang

Truk Trailer

Call Now ButtonTelepon Sekarang!
WhatsApp chat Chat Marketing Kami